BAHAYA GAME ONLINE
Pada zaman sekarang sebagian besar penduduk indonesia telah mengetahui yang namanya game terutama game online , game sebenarnya sekarang tidak lagi dimainkan untuk kaum remaja tetapi sekarang yang tua juga ikut serta dalam memainkanya .sejujurnya game online biasanya di gunakan untuk kaum remaja sebagai media hiburan tetapi sekarang itu berubah menjadi 25% untuk kaum tua sebagai media pencari ekonomi yang sebagai sumber mata pencaharianTetapi dalam memainkan game online, rasa kecanduan tidak langsung muncul
dalam diri pemain. Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor. Menurut hasil wawancara
yang dilakukan, faktor – faktor tersebut diantaranya waktu yang dibutuhkan seseorang
dalam memainkan game, rasa yang timbul dalam diri pemain, dimana rasa ini bergantung
pada tujuan. Jika tujuan awal hanya sebagai refreshing diri, maka rasa yang ditimbulkan
tidak terlalu berlebihan. Sehingga, kecanduan pun tidak muncul.
Mayoritas pemain game online yang bermain di
game selama 2 – 3 jam. Dimana itu merupakan waktu yang diamanatkan para orang tua
kepada anaknya yang bermain game, dengan tujuan agar tidak menimbulkan kecanduan
dan konsentrasi anak tidak terpecah antara prestasi di sekolah dengan hobi atau
kesenangannya dalam bermain game.sebenarnya game online juga membawa dampak positif
Dampak positif mengenai game online telah didapat dari pengumpulan
beberapa sumber. Bermain game memberikan suatu latihan yang sangat efektif kepada
otak. Mayoritas pemain game online membutuhkan keterampilan abstrak yang tinggi
untuk menang. Keterampilan tersebut diantaranya pemecahan masalah dan logika
(Perrone et al, 1996), perhatian dan motivasi yang lebih (Blumberg, 1998: Rosas et al,
2003), koordinasi tangan – mata, motorik, dan kemampuan spasial (Greenfield 1994; Beck
2003), multitasking, membuat analisa dan keputusan yang cepat, serta kerja tim dan
kerja sama ketika bermain dengan orang lain.
Yang dimaksud dengan multitasking yaitu pelacakan pergeseran banyak
variabel secara simultan dan mengelola beberapa tujuan. Contohnya, dalam sebuah
permainan strategi, misalnya sementara mengembangkan sebuah kota, suatu kejutan tak
terduga sebagai musuh akan muncul. Ini memerlukan kekuatan untuk menjadi fleksibel
dan cepat untuk mengubah taktik.
No comments:
Post a Comment